Rabu, 23 Februari 2011

Tujuan Ilmu Budaya Dasar dan definisi kebudayaan

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabaarokatu. Pada kesempatan ini penulis ingin menuliskan sebyuah tugas yang diberikan kepada penulis. Tugasnya adalah menjawab pertanyaan di bawah berikut ini.

Pertanyaan mendasar:

1 Jelaskan tujuan utama Ilmu Budaya Dasar

2. Jelaskan definisi kebudayaan

Jawaban nya adalah sebagai berikut :

Secara umum tujuan dari pembelajaran Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran mahasiswa serta kemampuan kritikalnya mahasiswa terhadap nilai budaya, baik menyangkut orang lain dan alam sekitarnya maupun yang menyangkut dirinya sendiri. Ilmu budaya dasar juga merupakan ilmu untuk mengenali perilaku sendiri dan orang lain.

Tujuan lain dari Ilmu Budaya Dasar adalah supaya membuat mahasiswa yang mempelajarinya (khusunya) mampu bersikap luwes setelah mengetahui jiwa dan perasaan manusia. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam. Memiliki penglihatan yang jelas Dan pemikiran yang mendasar serta mampu menghargai budaya di sekitarnya dan ikut serta mengembangakan budaya bangsa. Supaya tidak terjatuh kepada sifat kedaerahan jika menjadi seorang pemimpin. Dan yang terakhir adalahg sebagai jembatan para saran yang berbeda yang mampu berdialog dengan baik.

Untuk pertanyaan nomor 2 tentang definisi kebudayaan, yaitu adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia sendiri dengan belajar. Pengertian lain tentang kebudayaan adalah segala tindakan yang harus dibiasakan dengan belajar.

Definisi yang tadi di atas adalah definisi secara umum, sekarang akan dibahas definisi kebudayaan menurut para ahli :

1. Edward B. Taylor

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

2. M. Jacobs dan B.J. Stern

Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi social, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan social.

3. Koentjaraningrat

Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.

4. Dr. K. Kupper

Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

5. William H. Haviland

Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di tarima ole semua masyarakat.

6. Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

7. Francis Merill

Pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi social

Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.

8. Bounded et.al

Kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di temukan di dalam media, pemerintahan, intitusi agama, sistem pendidikan dan semacam itu.

9. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.

10. Robert H Lowie

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

11. Arkeolog R. Seokmono

Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

Dengan dijelaskannya definisi kebudayaan maka berakhirlah tugas yang harus saya kerjakan. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan tuygas ini baik kata-kata ataupun hal lainm yang kurang berkenan di hati pembaca sekalian, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahitaufiq Walhidayah Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabaarokatu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut